Telkom Speedy Family vs 3G

Telkom Speedy Family merupakan sebuah program promosi baru dari PT. Telkom, sebuah perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia, setelah sebelumnya nekat bertahan dengan paket volume based dan time based yang ditawarkan dengan harga 200 ribu per bulan untuk pemakaian 2 GB atau 50 jam, yang merupakan paket termurahnya. Dikarenakan tingkat persaingan antar internet service provider atau broadband service dalam rangka memperbesar jumlah konsumen pengguna internet masih akan terus berlanjut dan belum akan berhenti, baik dalam persoalan tarif yang ditawarkan maupun fasilitas yang disediakan, tentunya yang masuk dalam lingkup bahasan saya adalah ISP yang menyerap pasar masyarakat Indonesia, tentunya jika PT. Telkom dengan Speedy yang merupakan produk unggulannya dalam pelayanan internet tidak menyesuaikan dengan perkembangan tarif dan fasilitas yang disodorkan oleh ISP lain, tentunya akan tergusur dan ditinggalkan oleh para konsumennya. Pasar pengguna internet di Indonesia masih sangat luas dan masih akan terus berkembang, masih merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi para penyedia sambungan internet.

Telkom Speedy Family memberikan penawaran koneksi internet untuk kebutuhan rumah tangga dengan sebuah harga yang menurut saya akan mampu bersaing dengan paket koneksi internet yang ditawarkan oleh penyedia koneksi internet yang menggunakan jalur wireless atau nirkabel. Dengan memberikan harga dibawah 200 ribu rupiah per-bulan atau tepatnya 195 ribu rupiah, Speedy Family ini sudah memberikan akses unlimited atau tidak terbatas kepada penggunanya dengan kecepatan maksimal untuk downstream sebesar 384 kbps, sedangkan untuk upstream mencapai 96 kbps. Walaupun Speedy Family ini membawa label unlimited, tetapi memiliki syarat dan ketentuan untuk penggunaan, seperti ISP wireless yang lain, yaitu ketika pemakaian sudah mencapai 3 GB, maka kecepatan efektif tersebut akan diturunkan, tetapi masih bisa digunakan untuk mengakses internet tanpa adanya tambahan biaya yang dikenakan karena kelebihan pemakaian quota baik waktu maupun volume. Jika masih dikenakan biaya tambahan atas kelebihan pemakaian, mungkin tidak akan menggunakan label unlimited.

Untuk penggunaan dalam rumah tangga, saya rasa kapasitas 3 GB tersebut sudah cukup untuk sekedar blogwalking, melakukan update blog, baca dan kirim e-mail, chatting, facebook ataupun memainkan game online yang cukup menggunakan browser. Paket Speedy Family ini sangat tidak cocok untuk digunakan oleh seorang pengguna internet yang memiliki hobi download musik, film gratis atau meiankan game online yang memakan banyak bandwidth, yang pastinya akan banyak memakan quota maksimal yaitu 3 GB.

Jika dibandingkan dengan produk lain yang diselenggarakan oleh provider selular, yang juga membawa label unlimited, layanan Speedy Family ini saya rasa lebih memiliki banyak keunggulan walaupun juga masih memiliki beberapa kekurangan. Keunggulan Paket Speedy Family ini adalah penggunaan fix line berupa jalur telepon rumah yang menggunakan media kabel, yang artinya hampir tidak memiliki masalah pada penerimaan signal atau kendala jarak dari BTS (Base Transceiver Station), kecuali ketika ada gangguan seperti adanya kerusakan atau perbaikan atau perawatan pada jaringan kabel yang dilakukan oleh PT. Telkom. Selain itu, Speedy Family memiliki keunggulan lain yaitu dalam kecepatan yang ditawarkan yaitu 384 kbps untuk downstream, masih diatas Telkomsel Flash, Indosat 3.5G Broadband Unlimited Package, maupun IM2 Broom Unlimited yang memberikan kecepatan akses 256 kbps.

Kelemahan dari Paket Speedy Family adalah tidak bisa dibawa kemana saja ketika ada keperluan di luar rumah dan juga harga yang masih kurang bisa bersaing dengan para pesaingnya yang memasang harga antara 100 ribu rupiah sampai dengan 150 ribu rupiah.

KELEBIHAN SPEEDY:
1 bebas uang pendaftaran( normal Rp75.000)
2 tanpa kontrak brlangganan( anda bisa putus kapanpun anda mau)
3 tlp rmh tetap bisa digunakan ketika internet jalan
4 tidak pakai pulsa rumah( seperti telkomnet instan)
5 pasca bayar( dibayar akhir bulan sm seperti tagihan tlp rmh)
6 sinyal pakai jaringan ADSL( kabel telepon)
7 jika cuaca mendung atau hujan deras speedy
sinyal speedy tetap stabil( krn tdk pakai sinyal BTS atau sinyal satelit)

kecepatan 384 – 1.000kbps
tergantung paketnya

Kelebihan ADSL

  • Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  • Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berinternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.

Kekurangan ADSL

Adapun kualitas dari ADSL saat ini masih memiliki kekurangan.

  • Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses internetnya.
  • Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL.
  • Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
  • Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.

Teknologi Generasi ketiga (3G).
Generasi ketiga (3G) adalah pengembangan dari generasi sebelumnya, dengan rekomendasi dari ITU (International Telecomunication Union) sebagai berikut :

* Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam.
* Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki.
* Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps pada user diam (stationer).

* Kemampuan teknologi 3G :

Memiliki kecepatan transfer data cepat (144kbps – 2Mbps) sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, dan on demand lain yang memungkinkan kita dapat memilih program musik, video, atau game semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya.

Kelebihan 3G dibandingkan generasi-generasi sebelumnya :

* Kualitas suara yang lebih bagus.
* Keamanan yang terjamin.
* Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.
* Support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda.
* Infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama. Interkoneksi ke other mobile dan fixed users.
* Roaming nasional dan internasional.
* Bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services dan asymetric data transmission.
* Efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum
* bandwidth yang terbatas.
* Support untuk multiple cell layer.
* Co-existance and interconnection dengan satellite-based services.
* Mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan waktu.

Kelemahan Teknologi 3G :

Memerlukan Kontrol Daya “Ideal” dan belum mencukupinya kecepatan transfer data dalam melayani layanan multimedia yang memerlukan kecepatan yang mumpuni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: