OS Android

Android adalah mobile platform yang baru dan open source, jadi para vendor seperti HTC, Samsung, Motorola dan lainnya tidak perlu bayar ijin pemakaian, sehingga mereka lebih getol mengeluarin mainan mainan baru mereka berbasis Android. Alasan lain kebaikan Android adalah open source yang benar benar open, maksud gue adalah semua code dan aplikasi yang built in ada source nya yang dapat diambil dari Goggle code.

Kalau ada programmer atau pemakai yang bilang mainan Android terasa pelan karena memakai Java maka saya nyakin banget mereka belum pernah memakai Android. Gue yang kerja diperusahaan pembuat aplikasi handphone sudah memakai banyak macam handphone dari jaman Palm hingga sekarang dan gue percaya diri kalau kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang, kelebihan TIDAK suka ngehang ini dikarenakan virtual Java machine Dalvik yang dipakai Android sangat mantap dalam memanage memory, percaya deh karena gue sudah bikin beberapa aplikasi dan telah melihat sepak terjang game game Android yang sangat luar biasa cepatnya.

Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil (bagi Linux sudah biasa lah), kalau ada game game atau aplikasi yang super besar bisa dibuat dengan hybrid NDK (c/c++) dan ADK (Java) supaya lebih optimal. Tapi gue tidak akan membeberkan lebih detail lagi karena bisa membosankan buat user.

Aplikasi nomor satu yang paling banyak dipakai user Android pastinya adalah INTERNET BROWSER, Android memakai Webkit yang sama seperti yang dipakai SAFARI oleh iPhone/iPod touch. Menurut gue browsing internet pakai Android sangat enak karena kompatible dengan lebih dari 90% website di dunia (menurut gue aja nih karena gue belum ketemu website yang tidak kompatible dengan webkit).

Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak banget aplikasi dan game yang gratis, saat ini sudah lebih dari ribuan aplikasi yang sudah tersebar di Android market dan website blog blog pribadi. Motorola pada saat launching handphone DROID memberitakan lebih dari sepuluh ribu aplikasi/game Android sudah ada di dunia, gue tidak tahu benar atau tidak, bagi gue sendiri seribu aplikasi gratis adalah lebih dari cukup lah. Untuk mendownload aplikasi/game gratisan dari Android market sangat sederhana dan cepat karena ukuran aplikasi Java rata rata adalah kecil dan dibawah ukuran rata rata aplikasi/game iPhone/Windows Mobile/Symbian.

Konektifitas mainan Android sudah lengkap lah, sama seperti handphone lainya, dari Bluetooth, WIFI dan GPS sudah ada dan ketiga konektifitas ini adalah MANDATORY (harus ada) untuk mainan Android karena platform Android sangat tergantung dengan konektifitas ini semua untuk multiplayer game hingga aplikasi Social Networking Service.

Setahu gue saat ini semua mainan Android menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda. Kebetulan juga ketiga mainan Android gue ini memiliki headset jack 3.5mm yang kompatible dengan headset kesukaan kita semua😉

Hingga saat ini gue tetap lebih suka menyebut Android sebuah mainan ketimbang sebuah handphone karena kestabilan platform ini sangat luar biasa untuk main game dan aplikasi multi media nya juga OK, kalau dulu iPhone boleh membanggakan aplikasi movie player builtin untuk melihat video di youtube dan lainnya maka sekarang tidak lagi karena Android juga memiliki video player builtin yang bahkan mampu nonton DivX (tinggal tambah codec), saat ini kecuali aplikasi Microsoft Office menurut gue tidak ada aplikasi bisnis lain yang belum ada di Android, bagi gue sendiri aplikasi office untuk Android tidak perlu lah karena Android adalah sebuah mainan dan kemampuan bisa check email sudah cukup. Bagi user yang mencondong ke bisnis maka tinggal tunggu saja kapan perusahaan pengembang lain yang membuat aplikasi office viewer atau editor untuk Android.

Mungkin komentar gue lebih banyak tepatnya karena gue punya ODroid milik hardkernel ini yang berbentuk mirip seperti Sony PSP, ODroid ini memiliki kelebihan yaitu bisa dikonekin ke HDTV melalui HDMI yang bisa memberikan layar beresolusi 720p yang mantap dan lancar dengan CPU super cepanya yaitu 800mhz nya dan memiliki RAM DDR 512MB (sudah kaya notebook kecil).

Mungkin bagi anda yang sudah memiliki iPhone/iPod touch akan banyak berpikiran untuk membeli mainan Android karena mirip fungsi dan cara pemakaiannya, hal ini jugalah yang saat ini banyak diperdebatkan antara kubu iPhone dan Android, bagi gue sendiri kelebihan Android dari iPhone adalah harganya yang relatif lebih murah, tapi saya kuatir akan harga mainan Android jika masuk Indo bisa gila seperti iPhone yang mencapai hampir 3x lipat harga rata rata di luar negeri, mengerikan dan seperti mencopet didepan polisi.

Sayang mainan Android ini masih belum masuk Indonesia, gue enggak tahu kapan masuknya, tapi kalau sudah masuk Indo, maka gue nyakin loe orang pasti senang seperti gue

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: